Menuju Terang

Perhatian, perhatian!
Anda memasuki dunia kegelapan
Silakan duduk manis, kencangkan ikat pinggang,
sambil menggengam tangan orang yang anda sayang
Selamat menikmati perjalanan dan terima kasih!

=====

Dalam gelap kau tak perlu mencari terang
Seringkali memang banyak suara lantang,
beserta pikiran-pikiran yang tak mau duduk tenang

Tapi mari kuberitahu
Gelap bukanlah batasan atau kesimpulan
Ia menjadi landasan, titik tolak menuju kebangkitan

Dalam gelap kau tak perlu buru-buru mencari terang
Sebab gelap menyimpan ruang lengang, jeda panjang,
dan kesempatan-kesempatan penuh lapang
Tempat di mana engkau menemui dirimu sendiri
Tentang siapa engkau, darimana engkau berasal, dan mau kemana kau berjalan
Setelahnya, meledaklah penuh kesadaran!

Karena aku bukanlah gelapku!
Aku bukan masa laluku, kesalahan-kesalahanku
Aku bukan bekas luka di sekujur tubuhku,
terutama kedua lengan bahuku
Aku bukan monster atau benda tajam yang kusimpan diam-diam
dalam kantong kecil di pojokan ranselku
Aku bukan jumlah followersku atau mantan-mantan kekasihku
Aku bukan jumlah hutang kartu kreditku, gaji, atau tabunganku
Aku bukan suara-suara lantang penuh kemarahan di dalam kepalaku
Aku bukan panic attack, depresi menahun, atau percobaan-percobaan bunuh diriku
Aku bukan cerita kejatuhanku
Aku bukan kegelapan di dalam tubuhku
Aku bukan ketakutan-ketakutanku

Aku adalah terang di dalam gelapku
Aku adalah mimpi asa masa depan, harap-harapanku
Aku adalah langkah kaki tertatih, berjalan, berderap penuh keberanian
Aku adalah pelukan-pelukan yang luruhkan kesepian
Aku adalah tumpukan pesan, penuh kasih terima kasih,
dari mereka yang merasa tak sendiri, tak jadi bunuh diri, karena membaca tulisanku
Aku adalah bulir doa bapak ibuku, sahabat karib, dan mereka yang bahkan belum pernah kutemui
Aku adalah tangan yang menggapai terang saat jatuh ke dalam jurang
Aku adalah hening di dalam tubuhku
Aku adalah terang yang melampaui gelapku
Aku adalah bait-bait puisiku,
jiwaku berlari menari di dalam puisi
Dan aku berjanji tak akan pernah berhenti

=====

Perhatian-perhatian, perjalanan telah usai
Dunia kegelapan terlewati
Anda berada di titik terang
Terima kasih telah mendengarkan dengan hati
Selamat menikmati akhir pekan dan Semesta memberkati!

Jakarta, 5 Agustus 2017

2 thoughts on “Menuju Terang

Leave a Reply

